Senin, 12 Mei 2014

Proposal Pembangunan Renovasi



PANITIA PELAKSANA PEMBANGUNAN RENOVASI & PENGEMBANGAN
MUSHOLLA AL-FUDHOLA
                       BLOK F RW.016/III PERUMAHAN GRAHA PRIMA DESA MANGUNJAYA
                       KECAMATAN TAMBUN SELATAN KABUPATEN BEKASI 17517
                       Informasi  Hp. 0817804963, 081398489892

Nomor     :         / IV / Panpel PembangunanAl-Fudhola / 2014
Lampiran :    Berkas Proposal
Perihal      :    Permohonan Bantuan Dana/infaq
                     Pembangunan Renovasi & Pengembangan
             Kepada,
Yth.      Bapak/Ibu/Saudara/i
             Hamba Allah

            Di

            TEMPAT
Bismillahirrohmanirrohim,

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Sesungguhnya segala puja dan puji hanyalah milik Allah SWT. Kita memohon pertolongan-Nya dan ampunan serta perlindungan-Nya dari segala keburukan dan kelemahan. Barangsiapa yang diberi hidayah-Nya, tidak ada sesuatu pun yang dapat menghalangi, dan barangsiapa yang tidak mendapat hidayah, tidak ada sesuatu pula yang mampu menolongnya.
Subhanallahi Walhamdulillahi Walaa Ilaha Illallah Wallahu Akbar.
Sholawat dan Salam semoga tetap terlimpahkan kepada junjungan  kita Nabi Besar Muhammad SAW, yang telah menyampaikan risalah-Nya, memberi nasehat dan membawa umat menuju kesempurnaan hidup lahir batin, dunia akhirat. dengan senantiasa berharap kita termasuk umatnya yang mendapat syafa’at Beliau, sampai nanti di Yaumil Akhir, Aamiin.
Bersama ini dengan hormat kami sampaikan Proposal singkat ke hadapan Bapak/Ibu/Saudara/i kaum Muslimin wal Muslimat, dengan maksud sebagai media untuk menjelaskan rencana pembangunan Renovasi & Pengembangan Musholla Al-Fudhola yang terletak di Blok F Perumahan Graha Prima Desa Mangun Jaya Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi Jawa Barat. Tentunya kami berharap, partisipasi nyata berupa dukungan moril dan materiil, sebagai salah satu Infaq Jariyah dan Shodaqoh bagi Bapak/Ibu/Saudara/i. Kami berdo’a, semoga keikhlasan dan ketulusannya menjadi jalan menuju Ketaqwaan dan insya Allah Bapak/Ibu/Saudara/i termasuk golongan orang-orang yang sesuai dengan hadits Nabi yaitu: Orang-orang yang akan dibangunkan sebuah istana di surga-Nya Allah, karena telah membangun rumah Allah di muka bumi ini. Aamiin Yaa Robbal 'Alamiin.

JazakumullahuKhairanKatsiran
Hadhanalloh Waiyyakum Ajzma’in
Billahittaufiq wal Hidayah
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
                                                                                                                       Bekasi,     April 2014 

                           KETUA DKM AL-FUDHOLA                                     PANITIA PELAKSANA


                                                   ttd                                                                                                  ttd

                                  KASAN MUNAWAR                                               JOKO RINTO, S.T.
Bank Jabar Cabang Cikarang KCP Tambun
No. Rek. 0008814279100 an. Kasan Munawar Panitia Pembangunan
Musholla Al-Fudhola Perumahan Graha Prima Tambun Bekasi
Informasi WA. 0817804963, 081398489892





PROPOSAL PEMBANGUNAN PEKERJAAN RENOVASI DAN PENGEMBANGAN
MUSHOLLA AL-FUDHOLA
BLOK F  RW.016/III PERUMAHAN GRAHA PRIMA
DESA MANGUNJAYA, KECAMATAN TAMBUN SELATAN, BEKASI
1.       PENDAHULUAN
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Tidaklah dunia bila dibandingkan dengan akhirat kecuali hanya semisal salah seorang dari kalian memasukkan sebuah jarinya ke dalam lautan. Maka hendaklah ia melihat apa yang dibawa oleh jari tersebut ketika diangkat ? ” ( HR. Muslim no. 7126)
Barang siapa mendirikan karena Allah sesuatu Masjid/Musholla, niscaya Allah mendirikan untuknya seperti yang ia telah dirikan itu, di dalam Surga” ( HR. Bukhori dan Muslim)

Masjid berarti tempat untuk bersujud. Secara terminologis Masjid/Musholla juga dapat diartikan sebagai tempat beribadah umat Islam, khususnya dalam melaksanakan sholat. Masjid/Musholla sering disebut dengan Baitullah (rumah Allah), yaitu rumah yang dibangun untuk mengabdi kepada Allah SWT, karena itu setiap Masjid/Musholla yang dibangun adalah diperuntukkan bagi kaum Muslimin wal Muslimat supaya dipergunakan sebagai sarana untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.
Meskipun fungsi utamanya sebagai tempat untuk menegakkan sholat, khususnya sholat berjama’ah, namun Masjid/Musholla dapat dipergunakan untuk kegiatan lainnya. dimasa Rasulullah SAW, Masjid selain dipergunakan untuk sholat, Masjid menjadi sarana untuk memperkokoh iman para Sahabatnya, termasuk untuk kepentingan sosial.
Salah satu kegiatan Loka karya di Jakarta pada tahun 1974 telah merumuskan pengertian istilah Masjid sebagai berikut:
“ Masjid adalah tempat untuk beribadah kepada Allah SWT dan juga sebagai pusat kebudayaan Islam ”.
Pengertian tersebut memberikan warna tersendiri bagi umat Islam pada masa sekarang. Maka tidaklah mengherankan apabila kita temui Masjid/Musholla yang telah dikelola dengan baik, terawat kebersihan, kesehatan dan keindahannya, terorganisir dengan management yang baik melalui terbentuknya Kepengurusan (DKM) serta dilengkapi dengan sarana pelayanan masyarakat seperti: kantor sekretariat, ruang serba guna, Majelis Ta’lim, Tempat Kegiatan Remaja Masjid, Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA), Perpustakaan dan lain sebagainya.
Manusia diciptakan Allah SWT agar menjadi umat yang taat dan beramal ibadah kepada-Nya. Salah satu cara untuk taat dan terus menerus menyembah Allah SWT tanpa kesyirikan adalah melakukan ibadah secara ikhlas. Ibadah dapat menjadi tolok ukur dan penilaian kualitas seseorang untuk mendapat predikat Muslim. Sesuai dengan janji Allah SWT bahwa setiap Muslim yang taat dan selalu beribadah akan ditempatkan dalam surga di akherat kelak.
Untuk menjalankan amalan ibadah tidak dapat dilepaskan dari kebutuhan sarananya berupa pembangunan  Masjid atau Musholla. Dan merupakan sarana ibadah yang cukup efektif karena tempat suci inilah umat Islam dapat menjalankan ibadah secara berjamaah. Masjid/Musholla juga berfungsi sebagai sarana untuk mempererat Ukuwah Islamiyah dan menjadi sarana pergaulan sosial antar Muslim. Mengingat pentingnya fungsi Masjid/Musholla, maka pembangunan dan keberadaannya sangat dibutuhkan bagi setiap warga Muslim. Adanya sarana ibadah dapat menjadi tanda bahwa kehidupan beragama di pemukiman tertentu adalah sehat dan berdenyut, dengan senantiasa terdengar gaungnya alunan ayat-ayat suci.
Mengingat pertimbangan-pertimbangan tersebut di atas, maka kami warga Blok F RW.016/III Perumahan Graha Prima Desa Mangun Jaya Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi Jawa Barat  sepakat sesuai hasil musyawarah Pengurus Musholla Al-Fudhola dengan Jama’ah dan Tokoh Masyarakat setempat bermaksud untuk merenovasi dan mengembangkan tempat peribadatan Musholla “Al-Fudhola” beserta sarana pendukung kegiatannya, termasuk merencanakan Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA).

Keberadaan Masjid/Musholla yang permanent sangat dinantikan oleh keluarga Muslim Muslimat di Perumahan Graha Prima Desa Mangun Jaya Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi khususnya warga Blok F. Dalam jangka pendek, pembangunan Musholla diharapkan dapat menjadi sarana bersama bagi seluruh warga Muslim Muslimat untuk melakukan ibadah terutama sholat secara berjamaah. Dalam jangka menengah, keberadaannya dapat menjadi sarana untuk menjalankan ibadah-ibadah yang lain, misalnya untuk pengajian keluarga Muslim, kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) sesuai momentum dan pengembangan  ilmu melalui Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Dalam jangka panjang, keberadaan musholla akan dikembangkan menjadi Masjid Besar dengan berbagai sarana pelengkap yang memadai sebagai penunjangnya, yang diharapkan dapat menjadi sarana yang efektif dalam menjaga keharmonisan kehidupan beragama antar warga di Perumahan Graha Prima Desa Mangun Jaya Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi dan sekitarnya.
Saat ini kami terus berupaya mengembangkan kegiatan pendidikan dan da’wah. Alhamdulillah kegiatan tersebut mulai berjalan dengan baik dan teratur, meskipun Tempat Pendidikan Alqur’an ( TPA)  untuk anak-anak dan kegiatan Majelis Ta’lim untuk Bapak-Bapak maupun Majelis Ta’lim untuk Ibu-Ibu untuk tempat masih menggunakan teras yang masih sederhana dan sempit, sedangkan kegiatan Remaja Islam masih berupa wacana dikarenakan bangunan Musholla sebagai tempat berkumpul dan berkegiatan belum siap prasarananya.
Kegiatan Ibadah, Pendidikan dan Da’wah akan menjadi lebih sempurna jika pembangunan Musholla Al-Fudhola tersebut dapat terealisasi.Saat ini bangunan Musholla Al-Fudhola telah berdiri dengan sumber dana terbatas dari Keikhlasan dan Tekad Bulat untuk beramal jariyah masyarakat Muslim Muslimat warga Blok F Perumahan Graha Prima Desa Mangun Jaya Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi, untuk pembangunan sarana ibadah tersebut, yang dibangun secara bergotong royong, saling bahu membahu tak kenal lelah oleh masyarakat yang dibangun dikerjakan sejak pada bulan Juli 1999 dengan mengupayakan memperoleh surat perijinan dari pengelola pengembang PT. Cipta laksa Graha Prima dan 4 (empat) lembar surat Rekomendasi dari instansi pemerintah terkait, (surat terlampir).
Musholla Al-Fudhola didirikan diatas tanah/lahan fasos yang disediakan oleh PT. Cipta Laksa Graha Prima sebagai Developer/Pengembang Perumahan Graha Prima yang berfungsi sebagai fasilitas umum dan sosial seluas 11 X 20 M2. Warga Muslim Muslimat Blok F Perumahan Graha Prima, berharap agar sarana tersebut dapat segera berdiri terwujud sebagai tempat ibadah yang dapat digunakan bersama-sama terutama saat menjelang bulan Ramadhan. Konsekuensi dari harapan tersebut harus didukung oleh kemampuan finansial agar bangunan Musholla Al-Fudhola dapat terealisasi dengan lancar sebagaimana harapan kita bersama.
Semoga niat luhur dan mulia dari warga Muslim Muslimat dalam beramal untuk pembangunan Musholla Al-Fudhola dapat bernilai ibadah. Keinginan ini sekaligus untuk menciptakan suasana kehidupan yang harmonis khususnya di Blok F Perumahan Graha Prima Desa Mangun Jaya Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi dan sekitarnya, yang relatif meningkat dengan jumlah penduduknya berkembang cukup pesat.
Bilamana Bapak/Ibu/Saudara/i kaum Muslimin wal Muslimat berniat untuk menyisihkan sebagian Rezekinya berpartisipasi beramal dalam pembangunan Renovasi &Pengembangan Musholla Al-Fudhola ini, silahkan baca selengkapnya Proposal Pembangunan Musholla Al-Fudhola sebagaimana terlampir.
2.    TUJUAN
• Sebagai tempat untuk melakukan ibadah terutama sholat berjamaah secara rutin agar kualitas sholat dapat terjaga dan meningkat.
• Sarana untuk pencerahan dan Pendidikan Agama Islam secara nonformal, misalnya pengajian keluarga muslim, kegiatan Penyelenggaraan Hari besar Islam (PHBI) sesuai mementum dan Taman Pendidikan Al-Qur’an ( TPA) bagi generasi Muslim Muslimat Blok F Perumahan Graha Prima dan sekitarnya.
• Sarana efektif untuk mempererat tali silaturahmi antar warga Muslim dan warga lainnya.
3.    SASARAN
• Seluruh warga Muslim Muslimat di Blok F Perumahan Graha Prima dan sekitarnya.
• Generasi anak Islam dan generasi muda Islam di wilayah Perumahan Graha Prima dan sekitarnya.
4.    NAMA MUSHOLLA DAN LOKASI
Musholla Al-Fudhola adalah nama yang telah disepakati dan dibangun serta insya Allah akan  di renovasi & dikembangkan sesuai hasil rapat musyawarah Pengurus dan Jama’ah serta Tokoh Masyarakat di Blok F Perumahan Graha Prima pada tanggal 26 Desember 2013. Dengan ukuran 11 x 20 M2 di lahan fasos/fasum, pelaksanaan pembangunan renovasi & pengembangan akan dimulai awal bulan Mei 2014.
Adapun lokasi Musholla Al-Fudhola terletak di Blok F Perumahan Graha Prima, Desa Mangun Jaya, Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi 17517.
Informasi Hp. 0817804963, 081398489892
Bank Jabar Cabang Cikarang KCP Tambun
No. Rek. 0008814279100 an. Kasan Munawar Panitia Pembangunan
Musholla Al-Fudhola Perumahan Graha Prima Tambun Bekasi

5.    PANITIA PELAKSANA PEMBANGUNAN RENOVASI & PENGEMBANGAN.
       (susunan terlampir)
6.    RENCANA KEBUTUHAN ANGGARAN BIAYA PEMBANGUNAN
       (perincian terlampir)
7. PELAKSANAAN PEKERJAAN DAN JANGKA WAKTU PEMBANGUNAN RENOVASI.
Pekerjaan Pembangunan Renovasi & Pengembangan dilaksanakan oleh tenaga tukang dan kenek yang membidangi dengan mengacu pada plan yang telah dibuat oleh tim pelaksana, dan warga setempat tetap berharap untuk membantu kerjabhakti bergotong royong saat hari libur tiba.
Adapun jangka waktu atau tempo pelaksanaan Pembangunan Renovasi & Pengembangan menyesuaikan perolehan sumber Pendanaan yang telah masuk (sangat berharap tidak terlalu lama).
8.   PENUTUP.
Demikian Proposal Pembangunan Renovasi & Pengembangan Musholla Al-Fudhola ini disampaikan, dengan harapan semoga terwujudnya Musholla Al-Fudhola dapat menjadi sarana meningkatkan Iman dan Taqwa kepada Allah SWT bagi umat Islam, khususnya Muslimin Muslimat warga Blok F RW.016/III Perumahan Graha Prima Desa Mangun Jaya kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi dan masyarakat sekitarnya. peran dan partisipasi dari semua pihak sangat diharapkan agar rencana dan pelaksanaan pembangunan dapat berjalan lancar. Akhirnya semoga amal ibadah kita dapat diterima Allah SWT. Aamin Yaa Robbal 'Alamiin.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh 

Bekasi,    April 2014

KETUA PANITIA PELAKSANA
PEMBANGUNAN RENOVASI & PENGEMBANGAN 
Musholla Al-Fudhola Blok F Perumahan Graha Prima

   ttd

KASAN MUNAWAR

Dokumentasi Kegiatan Awal Pekerjaan Pembangunan ...
































Tidak ada komentar:

Posting Komentar